Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sungai Bahar Dan PotensiNya

Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit adalah suatu program yang mengintegrasikan  atau mengabungkan ternak sapi dengan tanaman perkebunan yaitu kelapa sawit dengan konsep menempatkan dan mengembangkan sejumlah ternak tanpa mengurangi aktifitas dan produktifitas tanaman. Integrasi ternak dengan tanaman perkebunan ini dilakukan dengan bertumpu pada pemanfaatan hasil samping perkebunan untuk pakan ternak serta pemanfaatan kotoran ternak untuk pupuk tanaman.

foto: pertanian.go.id

Sistem integrasi kelapa sawit-ternak sapi dapat menjadi solusi meningkatkan populasi dan produksi ternak, sekaligus dapat meningkatkan optimasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Pada satu sisi, kebutuhan pakan ternak dapat dipenuhi dengan memanfaatkan vegetasi dan hasil samping industry perkebunan kelapa sawit, sedangkan ternak dapat memberikan kontribusi penyediaan pupuk organik dan pengendalian gulma rumput. Dari segi produktivitas ternak, sistem integrasi ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas sapi yang ditandai dengan pertambahan bobot badan harian (PBBH)(Wijono et.al., 2015).

Salah satu keuntungan yang diperoleh dari sistem integrasi ini adalah tanaman sawit secara tidak langsung memperoleh pupuk dari kotoran sapi serta gulma/rumput yang ada di sekitar tanaman menjadi bersih karena dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi. Hal ini tentu menguntungkan peternak karena peternak tidak perlu bersusah payah mencari pakan untuk ternak dan peternak juga tidak perlu bersusah payah untuk membersihkan kebun kelapa sawit dari gulma.

Berdasarkan Ulasan potensi perkebunan kelapa sawit  sebagai tempat pengembangan ternak sapi, Maka daerah sungai bahar yang sebagian besar merupakan perkebunan kelapa sawit patut untuk lebih serius dalam pengembangan dan pemanfaatan lahan perkebunan kelapa sawit. Hal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat di tiga kecamatan yang ada di sungai bahar, yaitu:

KECAMATAN SUNGAI BAHAR:

  1.    Bakti mulya

        2.    Berkah

        3.    Bukit  makmur

        4.    Bukit mas

        5.    Marga manunggal jaya

        6.    Marga mulya

        7.    Mekarsari makmur

        8.    Panca bakti

        9.    panca mulya

        10. Suka makmur

        11. Tanjung harapan

       KECAMATAN BAHAR SELATAN:

  1.    Adipura kencana

        2.    Bukit jaya

        3.    Bukit  subur

        4.    Mekar Jaya

        5.    Tanjung baru

        6.    Tanjung lebar

        7.    Tanjung mulia

        8.    Tanjung sari

        9.    Tri jaya

        10. Ujung tanjung

      KECAMATAN BAHAR UTARA :

1.Bahar Mulya

2.Bukit Mulia

3.Merkanding

4.matra manunggal

5.Mulya jaya

6.Pinang tinggi

7.Sumber agung

8.Sumber Mulya

9.Sungai dayo

10.Talang bukit

11.Talang datar

untuk mencapai kesuksesan dalam  mengoptimalkan potensi pertenakan di lahan perkebunan kelapa sawit tentu membutuhkan kerjasama banyak pihak, terutama pemerintah daerah agar dapat memberikan sosialisasi, bantuan berupa bibit, penyuluh, dokter hewan maupun modal kerja lainnya.  Mengingat untuk berternak sapi memerlukan modal yang cukup besar, dan mempunyai potensi kerugian yang besar pula apabila terjangkit penyakit.

Jika progam intergrasi ini bisa berhasil diterapkan pada tiga kecamatan sungai bahar akan  sangat berdampak positif bagi masyarakat juga pemerintah, dimana akan menambah penghasilan petani dan dapat menyerap tenaga kerja baru, ketika masyarakat sejahtera semua aspek kehidupan masyarakat juga akan ikut naik mengikuti tingkat kesejahtraannya.

 


Notification