Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Pembuatan Jalan Dijambi

Sejarah Jalan di Jambi.

Jalan raya di zaman Pemerintah Hindia Belanda  dibangun sekitar tahun 1903 -1906 dengan pembangunan jalan setapak untuk  kuda dari Sungai Penuh hingga Sanggaran Agung.

Pembangunan jalan raya luar kota pertama  zaman pemerintahan Hindia Belanda  dari Kota  Jambi ke Muara Tembesi sepanjang 92 km dibangun sekitar tahun 1928- 1930. Beberapa jalan juga dibangun didalam kota seperti jalan  dari Simpang  Jelutung hingga ke Bandara Pal Merah (kini Bandara Sultan Thaha) sekitar 5 km dan beberapa jalan dari Kota Jambi hingga Merlung.

Pembangunan jembatan gantung mulai dibangun sekitar tahun 1934 mulai dari Jembatan gantung  Batang Merangin. jembatan Batang Bungo, Jembatan Batang Tebo dan Jembatan  Beatrix di Sarolangun.

Pada saat zaman Jepang sekitar tahun 1942-1943  juga dimulai perintisan jalan dari Sungai Penuh hingga Bangko. Meskipun pembangunan  jalan sudah sudah dimulai sejak zaman Belanda namun kondisinya sangat membahayakan karena berada di pinggir jurang  kemudian dilanjutkan dgn pelayangan di sekitar Penetai.

Di Muara Emat sekitar Bedeng VIII ada  sebuah batu besar yang dinamakan Batu Namora karena ada seorang  serdadu Jepang yang tewas akibat pengerjaan jalan tersebut.

Pada zaman sesudah   kemerdekaan  sekitar Tahun 1950 an jarak tempuh dari Sungai Penuh hingga ke Kota Jambi memakan waktu hampir 12-14  hari dgn berjalan kaki dan menaiki rakit bambu atau perahu.

Pada era tahun 1960 an ada beberapa kendaraan Jeep yang melayani rute Sungai Penuh hingga ke Bangko kemudian dilanjutkan dgn melalui jalur sungai Merangin ke Kota Jambi.

Pada tahun 1970 an mulailah trayek kendaraan penumpang ke Kota Jambi yang dulu harus melewati pelayangan di Batang Merangin dan Batang Tembesi ( Sarolangun) karena putusnya jembatan Beatrix.

Pada masa tahun 1983 setelah adanya pembangunan jalan trans Sumatera kondisi jalan sudah lancar namun beberapa ruas jalan dari Sarolangun hingga Muara Tembesi masih jalan tanah.





Notification