Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengambil Keputusan Dengan Cepat (Blink karya Malcolm Gladwell)

Kenapa ada orang yang dalam waktu Sekian detik bisa memutuskan sesuatu dan itu cenderung tepat ? Bagaimana cara mengasah dan melatih insting? Apakah ini skill yang bisa ?

Ada  buku yang sebetulnya udah lama viralnya yaitu Blink karya Malcolm Gladwell. cetakan pertamanya di tahun 2005. Dalam buku Blink ini sangat penting untuk diadopsi oleh generasi kita gimana kita sekarang, hidup di zaman yang semuanya bergerak dan berpindah dengan begitu cepat, saat tidak memiliki skill Blink Ini alih-alih mampu memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat kita malah jadi stagnan, karena banyaknya informasi yang beredar namun tidak diikuti dengan skill untuk membuat keputusan secara cepat.

 


Hidup adalah rangkaian keputusan dalam satu hari, studi Menunjukkan kita manusia membuat lebih dari 2000 keputusan. Kemampuan blik ini menurut saya penting banget untuk dimiliki oleh siapapun meski dengan skala dan konteks yang berbeda-beda. Kesempatan itu kan nggak terulang ya berpikir cepat itu tentu penting untuk mendapatkan momentum, emang betul bahwa cepat itu nggak selamanya baik namun ketika ada opsi untuk berpikir cepat dan tepat maka Bukankah akan banyak kebaikan dan kesempatan yang akan tercipta lebih cepat

Blink itu kan artinya berkedip ya artinya sesuatu yang terjadi dengan sangat cepat bahkan bisa dibilang kita nggak sadar melakukannya maka demikianlah makna dari Blink itu sendiri leadwell mendefinisikan Blink sebagai kemampuan kita dalam mengambil kesimpulan atau memutuskan sesuatu dengan sangat cepat dan menggunakan sedikit informasi yang kita miliki.

Nah di bab-bab awal gladwell banyak memberikan contoh-contoh nyata cerita lebih tepatnya tentang bagaimana kita memutuskan sesuatu menjabarkan the benefit of quick the season. Apa keuntungan saat kita bisa membuat keputusan dengan cepat dan tepat? Keuntungan yang didapatkan ketika kita memiliki skill ini adalah pertama kita nggak gampang ketipu, Yang kedua kita cepat membaca situasi dan momentum, bonusnya adalah kita akan mengambil peluang lebih cepat dibandingkan orang lain, karena berkerja secara otomatis dengan insting, nah biasanya insting ini ada pada diri seseorang karena adanya dua hal yaitu pengetahuan dan pengalaman.

 

Pengetahuan ini bisa didapat dari banyak ,dari apa yang kita baca, apa yang kita tonton, apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, sedangkan pengalaman didapat dari apa yang pernah kita lakukan artinya lewat buku ini gladwell ingin bilang bahwa insting itu dimiliki oleh orang punya giolitti tinggi dan memiliki referensi pengalaman yang juga bervariasi.

 

Rasa ingin tahu dan berani untuk mencoba karena ini akan menambah perbendaharaan referensi kita dalam memaknai segala kejadian yang ada disekitar kita dan ini pula yang akan membantu kita dengan sangat cepat bisa mengambil keputusan itu besar. Kedua adalah insting manajemen ini adalah kemampuan untuk tahu kapan kita bisa mempercayai insting atau naluri dan kapan kita harus mewaspadai atau bahkan mencurigai insting sendiri, karena Enggak semua insting itu tepat ada banyak insting manusia yang ternyata keliru Meski banyak juga yang tepat.

 

Gladwell dalam bukunya menjelaskan bahwa setidaknya ada dua hal utama yang bisa menginspirasi dan mendesain kita dalam membuat keputusan yang cepat dan tepat atau bisa dibilang insting yang benar. Yang pertama adalah repetition atau pengulangan semakin sering kita mengulang aktivitas kegiatan tindakan rutinitas dan seterusnya atau otomatis itu akan menjadi habit dan otomatis masuk jadi alam bawah sadar, kita kita melakukan dan memutuskan sesuatu jadi enggak pakai Mikir lagi. Dengan sendirinya kita bisa mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan referensi referensi pengalaman dan pengetahuan kita sebelumnya nah atas dasar inilah gradual sangat yakin bahwa Blink adalah skill teknis yang sangat bisa dimiliki siapapun dilatih dan kita semua bisa jadi ahli dalam bidang tersebut. Seorang Kepala editor misalnya bisa langsung tahu visualisasi mana yang paling cocok dan paling oke untuk merepresentasikan suatu narasi teman-teman yang suka isu-isu sosial-politik misalnya, bisa langsung membedakan mana berita hoax dan mana berita yang fakta, Sama halnya dengan yang senang dan melatih skill dalam bidang menulis memasak fotografi public speaking.

 

Kedua menurut gladwell penting banget untuk diperhatikan dalam membuat quick decision /keputusan cepat adalah ego kita sendiri karena saat kita memasukkan ego dalam proses mengambil keputusan akan ada banyak friksi dan perasaan-perasaan ingin yang muncul. Membuat keputusan yang tepat sebagaimana seharusnya dan semestinya berdasarkan referensi pengetahuan dan pengalaman kita kita malah menggunakan ego dan keinginan kita yang bisa jadi ego.

 

Ketiga adalah Snapchat namun ketika kita bisa menyimpulkan sesuatu teman-teman ujungnya adalah kita harus membuat keputusan, Nah membuat keputusan dengan informasi yang sangat sedikit, bahkan bisa dibilang terbatas ini yang disebut gladwell sebagai steam slicing, mengiris dengan sangat tipis namun cenderung tepat, gladwell dalam bukunya mendefinisikan bahwa steam flashing is the unconscious mind ability to find father and situations based on version and fans of information atau dengan kata lain kita bisa artikan kemampuan pikiran bawah sadar kita dalam menemukan pola dan situasi sehingga bisa memutuskan sesuatu yang tepat, berdasarkan informasi yang sangat sedikit. Salah satu contoh yang disebut gladwell dalam bukunya adalah Paul Ekman seorang microexpression specialist dari Amerika Serikat yang bisa sangat cepat membedakan mana tertawa yang tulus dan mana yang palsu, dari kemampuan ini dia sering menyampaikan pada pasangan yang baru saja menikah terkait mana yang akan bertahan lebih dari 15 tahun dan mana yang tidak, hanya dari tatapan keduanya saat saling memandang.

 

Blink ini menurut gladwell adalah sesuatu yang sangat bisa dipelajari dan sangat bisa dikontrol. Bagaimana agar kita bisa memiliki kemampuan begini, setidaknya ada empat tips yang oleh gradual dibagikan dalam bukunya yang berjudul bling ini yang pertama adalah rileks yang kedua adalah Confident dan ini harus berada dalam bawah sadar kita bahwa kita percaya pada diri kita sendiri caranya gimana memunculkan Confident di bawah sadar ya salah satunya adalah afirmasi positif, ketiga adalah focus, keempat praktis jangan takut salah karena menurut gladwell kesalahan itu adalah cara kita belajar, belajar untuk memperbaiki, belajar untuk menerima dan belajar untuk berbuat lebih baik.

 

Ini adalah ulasan buku tentang Blink dari Malcolm Gladwell.

 

Notification