Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesadaran Diri Self Awareness

Kesadaran diri (Self awareness) adalah kemampuan seseorang untuk memahami emosi, pikiran, dan harga dirinya. Untuk membantu orang memahami kekuatan, kelemahan, motivasi, dan nilai-nilai yang ada dalam diri mereka sendiri dan orang lain.


Orang dengan kesadaran diri yang baik mampu memahami situasi sosial, memahami orang lain, dan memahami apa yang diharapkan orang lain dari mereka. Ini memudahkan Anda untuk merenungkan diri sendiri, menjelajahi pengalaman, mengamati, dan mengendalikan emosi Anda.

Psikolog telah mengungkapkan bahwa istilah lain untuk kesadaran diri adalah metamood atau metakognisi. Kata ini berarti sadar akan proses berpikir Anda dan sadar akan emosi Anda. Adanya proses metakognitif memungkinkan seseorang untuk mengontrol semua aktivitas kognitif. Sehingga kedepannya individu dapat dibimbing untuk memilih situasi dan strategi yang paling sesuai dengan dirinya.

Self awareness adalah kemampuan manusia dalam mengetahui dan memahami kekuatan, kelemahan, nilai, dorongan, dan dampaknya bagi orang lain. Kemudian, kesadaran diri juga bisa dinilai sebagai perhatian secara terus menerus terhadap batin seseorang, mengamati dan menggali pengalaman, refleksi diri, dan memahami emosi. Goleman 1996.

Menurut Goleman (1996). Ia mengungkapkan bahwa ada tiga aspek kesadaran diri yang perlu kamu pahami, yaitu:

1. Kemampuan untuk mengenali emosi

Kemampuan ini merupakan aspek kesadaran diri. Orang dengan kemampuan ini dapat lebih mudah memahami makna dari emosi yang mereka rasakan. Mereka juga mengetahui penyebab perasaan ini dan menyadari hubungan antara apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka pikirkan. Mereka yang memiliki keterampilan ini mungkin juga menyadari efek emosi pada kinerja dan motivasi diri. Mereka juga memiliki kesadaran yang dapat mereka gunakan sebagai pedoman nilai dan tujuan hidup mereka.

 2. Kesadaran diri

Keterampilan kesadaran diri yang akurat mencakup pengetahuan tentang sumber daya batin, emosi, batasan, dan kemampuan. Orang dengan kemampuan ini menyadari bahwa mereka memiliki kelemahan dan kekuatan. Ini juga menyediakan waktu khusus untuk refleksi diri, kemauan untuk belajar dari pengalaman, dan keterbukaan terhadap kritik dan perspektif baru. Dan mereka selalu mau belajar dan berkembang. Selain itu, orang dengan kemampuan ini menampilkan rasa humor dan bersedia mengevaluasi diri mereka sendiri dari perspektif yang berbeda. 

3. Percaya pada diri sendiri

Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan kepercayaan diri dan rasa harga diri dan kompetensi yang kuat. Mereka yang memiliki kemampuan ini mengekspresikan keyakinan mereka lebih berani untuk menunjukkan kehadiran atau kehadiran mereka. Mereka juga lebih berani menyuarakan pendapat yang berbeda di depan umum dan rela berkorban demi kebenaran. Orang dengan kemampuan ini mampu membuat keputusan yang rasional dan tepat bahkan dalam situasi yang tidak pasti.

Indikator kepercayaan diri

Berikut beberapa indikator Menurut Goleman (1996), kesadaran diri yang ada di dalam diri seseorang bisa diketahui atau dilihat melalui beberapa indikator. Berikut adalah beberapa indikatornya.

1.Mengenali atau memahami perasaan serta perilaku diri sendiri

Seseorang akan mampu mengenali perasaan yang sedang mereka rasakan, perilaku yang mereka lakukan, mengapa perasaan tersebut muncul, dan apa dampaknya terhadap orang lain.

2. Mengenali kelebihan dan juga kekurangan diri sendiri

Ini adalah salah satu indikator penting dalam self awareness. Dimana seseorang perlu mengetahui dan mengenali kekurangan serta kelebihan yang mereka miliki.

3. Memiliki sikap mandiri

Seseorang perlu memiliki sikap yang mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Artinya mereka tidak perlu seseorang untuk mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang mereka didasarkan pada keyakinan atas kemampuan diri sendiri.

4. Bisa membuat keputusan yang tepat

Seseorang mampu dan bisa membuat serta mengambil keputusan dengan tepat. Khususnya yang berkaitan dengan perencanaan hidup atau karir.

5. Mampu mengungkapkan pikiran dengan baik

Seseorang dengan self awareness yang baik akan mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, keyakinan, dan pendapat mereka dengan baik. Individu tersebut akan mempunyai keberanian serta kesadaran untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, pendapat, dan juga keyakinan diri mereka sendiri yang mencerminkan nilai dalam diri mereka.

6. Bisa mengevaluasi diri

Seseorang akan mampu menilai, memeriksa, mengoreksi, serta belajar dari sebuah pengalaman. Mereka juga akan lebih mudah menerima kritik atau saran yang orang lain berikan kepada mereka.

 

Notification