Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjawab Pertanyaan "Coba Ceritakan Tentang Diri Kamu"

 

Tips Untuk Cara Menjawab Pertanyaan "Coba Ceritakan Tentang Diri Kamu"

        Halo guys! disini akan bagi-bagi tips gratis soal HRD, Perjalanan karir, dan personal finance dengan bahasa yang sederhana, Pertanyaan ini biasanya kita temuin di awal interview. Udah pasti HRD akan membuka interview dengan Meminta kita menjelaskan, "diri kita siapa sih?" Meskipun pertanyaan ini terdengar sederhana Cuman, hati-hati ya. Kita bisa salah menjawab atau kita bisa bercerita tentang banyak hal yang terlalu personal Dan membuat kita gagal memberikan kesan pertama yang baik.

        Apa aja do's and dont's-nya? Kita akan bahas Do's-nya! Ceritakan siapa diri kamu secara produktif Ceritakan apa yang kamu kerjakan sehari-hari di kampus. Ceritakan apa yang kamu tempuh Dalam perjalanan karir kamu sampai hari ini, kamu udah bekerja di mana saja Jadi fokuskan perhatian recruiter ke Kehidupan profesional kamu. Kalau belum punya kehidupan profesional, cerita tentang pengalaman organisasi juga boleh Atau cerita tentang pengalaman part-time, atau membuka bisnis itu juga boleh banget.

        Don'ts-nya apa? Jangan bercerita ngalor-ngidul tentang kehidupan personal Menceritakan dari awal kamu SD di mana, SMP di mana, suka makan apa, ke sini naik apa, segala macem Ini akan memberikan kesan kamu lugu, kamu lucu Tapi juga terkesan kamu orangnya nggak profesional dan tidak bisa mengarahkan percakapan. Yang lainnya yang boleh kamu ceritakan. Kamu boleh cerita tentang hobi produktif kamu. Misalkan kamu bisa cerita, kamu hari Sabtu suka volunteer ngajar untuk anak-anak kurang mampu Lewat cerita tentang hobi ini, kamu bisa menceritakan sisi lain dari diri kamu, di luar dunia profesional Tapi tetap di dalam ranah bahwa kamu orangnya bisa diandalkan dan bertanggung jawab Kita cerita soal mengajar di weekend untuk anak-anak tadi artinya kan kamu komitmen waktu, komitmen harus datang dan mengajar, mempersiapkan materi Itu menunjukkan bahwa kamu orangnya bisa diandalkan Ketika ditanya hobinya apa, jangan bercerita "Iya, hobi saya main game." "Iya, hobi saya olahraga." Lalu apa? Setelah itu Apa yang teman-teman lakukan dengan hobi tersebut?Apa yang teman-teman lakukan Untuk membangun skill temen-temen di dalam hobi tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif. Menghasilkan sesuatu yang berguna buat orang lain.

Cara Menjawab Pertanyaan "Coba Ceritakan Tentang Diri Kamu"

        Teman-teman juga boleh bercerita tentang arah hidup teman-teman Iya, memang kalau jujur-jujuran, nggak ada yang tahu arah hidup kita mau kemana! Tapi kalau teman-teman bisa bercerita sedikit aja gambaran kasarnya Cerita teman-teman bisa memberikan kesan ke HRD bahwa teman-teman orang yang bersemangat, optimis Dan mampu mengarahkan hidupnya sendiri. Ngomong-ngomong soal teknik bercerita, jadi untuk menjawab , "Coba ceritakan tentang diri kamu." Ujung-ujungnya yang perlu teman-teman ingat adalah miliki percaya diri. Kita mungkin minder ketika kita bercerita tentang diri kita sendiri. Kita mungkin merasa kita bukan orang yang sehebat yang kita ceritakan. Tapi percaya deh, semua orang, Ketika dalam interview, pasti mempoles dirinya sendiri sehingga kelihatan lebih baik Dan itu sah-sah aja untuk dilakukan, selama kita nggak berbohong ya Kita kan menceritakan yang baik baiknya saja.

Notification