Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil (Bagian 2)

Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil (Bagian 2) 

 
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini, yaitu siswa mampu:


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR 

3.3 Memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan dan alam 

4.3 Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan dan alam  



Haloo anak-anak 😀


Kita bertemu lagi dengan pelajaran Seni Budaya, yuk kita lanjutkan membaca materi dibawah ini:


B. Jenis-jenis bahan tekstil ini memiliki sifat yang berbeda-beda, sebagai berikut. 
1) Katun: sifat bahan katun menyerap air higroskopis, mudah kusut, kenyal dan dapat disetrika dalam temperatur panas yang tinggi. 
2) Wol: sifat bahan wol sangat kenyal, tidak mudah kusut, dapat menghantarkan panas, apabila dipanaskan menjadi lebih lunak. 
3) Sutera: sifat bahan sutera lembut, licin, berkilat, kenyal dan kuat. Bahan sutera banyak mengisap air dan memiliki rasa sejuk apabila digunakan.
4) Dakron, polyester, dan nilon: bahan-bahan tekstil ini bersifat lebih tahan panas, tidak mudah kusut, tidak perlu disetrika, kuat, dan bila dicuci, akan cepat kering. 
5) Brokat, lame, dan songket: sifat bahan tekstil ini kurang me- nyerap air, mudah berubah warna, tidak mudah kusut, kurang menyerap air dan tidak tahan dengan panas tinggi.


C. Jenis dan Bahan Pewarna Tekstil
Taukah kalian jika zat pewarna tekstil dibedakan menjadi dua. Kira-kira apa saja ya ?

Bahan tekstil dapat diberi warna baik dari bahan pewarna alami maupun buatan. Masing-masing bahan pewarna ini memiliki sifat dan jenis yang berbeda-beda. 

1) Bahan pewarna alam
Yaitu zat warna yang berasal dari bahan-bahan alam. 
Zat warna alam (natural dyes) adalah zat warna yang diperoleh dari alam/tumbuh-tumbuhan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pewarna alam dihasilkan dari ekstrak akar-akaran, daun, buah, kulit kayu dan kayu. Zat ini diambil dari intisari tumbuhan atau hewan. Contohnya daun pohon nila, kulit pohon soga tingi, kunyit, teh dan masih banyak yang lainnya.

 Pewarna alami misalnya soga dan kesumba.
  • Soga merupakan bahan pewarna alami yang berasal dari pohon soga. Bahan yang berasal dari kulit soga jambal berwarna merah sawo, sedangkan kulit pohon soga tengeran menghasilkan warna kuning, soga tinggi menghasilkan warna merah.
  • Kayu kuning (cudranis javanenses) menghasilkan warna kuning.
  • Alpokat menghasilkan warna hijau dan cokelat.
  • Jati dan secang penghasil warna merah.
  • Mengkudu atau pace menghasilkan warna cokleat.
  • Kesumba menghasilkan warna oranye.

2) Bahan pewarna buatan
Yaitu P
ewarna buatan (sintetis) dibuat dari bahan kimia (zat warna yang berasal dari reaksi kimia). Bahan yang biasanya yang dipakai adalah bahan dasar dari arang, batu bara, atau minyak bumi. Misalnya naptol dan indigosol. Jenis pewarna naptol digunakan dengan teknik celup, sedangkan pewarna indigosol dapat digunakan dengan teknik celup atau colet (lukis). Bahan pewarna buatan memiliki sifat tidak mudah luntur dan tahan terhadap sinar matahari. Sebaliknya, pewarna alami memiliki sifat mudah luntur dan mudah pudar karena tidak tahan terhadap sinar matahari.


TUGAS:
kelas 7A Selasa, 2 Februari 2021
kelas 7B Rabu, 3 Februari 2021
1) Segera kumpulkan tugas mencari kain bermotifnya ukuran 5cm x 5cm di Sekolah. DITUNGGU !!   
2) Catat materi diatas dibuku catatan 
3) Bagi yang sudah membaca materi diatas lengkapi daftar hadir dengan menuliskan dikolom komentar dengan format dibawah ini sebagai bukti kalau kalian sudah membaca dan memahami materi ini dengan baik.👇
        Nama                   :
        Kelas                   :
        Hari/Tanggal        :
        Status kehadiran :
jika ada pertanyaan bisa ditanyaka melalui WA, jangan lupa kirim bukti foto sedang belajar di rumah memakai seragam sekolah.


Notification