Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Parting atau Ungkapan Perpisahan

Parting_Ungkapan Perpisahan_Dalam Bahasa Inggris ungkapan perpisahan disebut dengan parting. Sebelum lebih lanjut mari kita bahas apa itu parting. Parting adalah ungkapan yang digunakan ketika kita ingin mengucapkan kata perpisahan kepada seseorang yang telah kita temui. Hm.m....Sangat tidak asing bukan dengan see you! dan good bye!
Yuk kita bahas satu persatu ungkapan perpisahannya tapi sebelumnya perhatikan dulu tabel berikut ini ya.


 Expression of Parting 
                               


Parting
Response

Good bye
Good bye too

Bye-bye
Bye-bye too

See you
See you too

Good night, have a nice sleep
Good night, thanks.

Cheerio
Cheerio too

See you later
See you later too

Nice to see you
Nice to see you too

It’s nice to meet you
Nice to meet you too

Good luck
Thank you

Take care
You too


Nah, sudah selesai memperhatikan tabelnya selanjutnya mari kita terjemahkan seperti tabel dibawah ini:


Parting
Response

Selamat tinggal
Selamat tinggal, juga

Selamat tinggal
Selamat tinggal, juga

Sampai jumpa
Sampai jumpa, juga

Selamat malam, semoga tidurmu menyenangkan
Selamat malam, terimakasih

Salam sejahtera
Salam sejahtera, juga

Sampai jumpa esok
Sampai jumpa esok, juga

Senang melihatmu
Senang melihatmu, juga

Senang bertemu denganmu
Senang bertemu denganmu, juga

Semoga berhasil
Terimakasih

Hati-hati
Kamu juga

Mari kita kupas satu persatu

- Good bye! atau bye bye! biasa diucapkan untuk ungkapan perpisahan dimana kita akan lama tidak bertemu orang tersebut. Lain halnya dengan ungkapan see you! atau see you later! yang artinya "sampai jumpa" atau "sampai jumpa esok", ungkapan ini diindikasikan untuk ungkapan perpisahan seseorang yang sering bertemu. 

- Cheerio artinya "salam sejahtera", nah ini jarang sekali digunakan dalam ungkapan perpisahan karena katanya yang asing dan juga tidak terlalu familiar. Biasanya digunakan untuk sapaan orang yang beragama non-muslim.

- Nice to see you! atau It's nice to meet you!  yang artinya "senang melihatmu!" atau "senang bertemu denganmu!". Ungkapan ini diindikasikan untuk seseorang yang kita sangat takjub ketika melihatnya dan juga untuk ungkapan seseorang yang jarang sekali kita temui.

- Good night, have a nice dream! yang artinya "selamat malam, semoga tidurmu menyenangkan!". Ungkapan ini digunakan untuk konteks dimalam hari yang ingin segera tidur untuk menyambut hari esok, juga biasanya digunakan untuk ungkapan perpisahan lewat pesan singkat (SMS),

- Good luck! yang artinya "semoga berhasil". Ungkapan ini biasanya untuk seseorang yang sedang menjalani suatu pekerjaan. Ini juga merupakan ungkapan harapan atau doa untuk seseorang yang berharap agar pekerjaannya berjalan dengan baik. Nah, khusus yang ini tergantung konteks juga ya.

- Take care yang artinya "hati-hati". Ungkapan ini diucapkan ketika kita ingin mengakhiri suatu percakapan dan seseorang itu akan pergi maka dari itu responnya sama you too yang artinya "kamu juga". Hal ini berarti sama-sama mendoakan satu sama lain agar berhati-hati dijalan.


Nah, bagaimana sahabat sekalian mengenai pembahasan kita kali ini tentang parting atau ungkapan perpisahan?. Semoga penjelasan diatas cukup jelas dan dapat bermanfaat.





Notification